Senin, 13 Desember 2010

KOMUNIKASI VIRTUAL


Komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan melalui cyberspace atau biasa disebut dunia maya. Bentuk-bentuk komunikasi virtual pada abad ini sangat digandrungi setiap orang dan dapat ditemukan dimana saja serta kapan saja. Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah pada penggunaan internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan menyediakan layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR chat), dan email, friendster, facebook dan twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi, dan keberadaannya semakin membuat manusia tergantung. Ketergantungan tersebut dapat kita lihat pada maraknya penjualan ponsel dengan harga murah dan tawaran kelengkapan facilitas untuk mengakses internet. Komunikasi virtual membuat manusia menyukai pola komunikasi yang menggunakan media daripada pola komunikai tradisional yaitu tatap muka. Kesenangan akan komunikasi yang bermedia ini menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut omunitas virtual.
Komunitas virtual adalah sekelompok orang yang bisa dikatakan “pelanggan” dari penggunaan internet. Intensitas penggunaan internet yang mereka lakukan lebih tinggi dan menyebabkan ketergantungan. Biasanya setiap orang dalam komunitas ini mempunyai hobi yang sama yaitu masuk dalam dunia maya dan mempunyai kepentingan yang sama antar beberapa pengguna layanan internet. Bisa dikatak sebagai komunitas virtual karena mereka benar-benar berinteraksi melalui ruang maya baik email, chatting, website, friendster, facebook, dan twitter. Layanan internet yang masih hangat di masyarakat adalah facebook. Komunitas virtual bisa dikatakan memiliki ketergantungan akan facebook dan fasilitas layanan komunikasi lainnya. Mereka cenderung bersifat konsumtif. Dapat banyak kita temukan, orang beramai-ramai menggunakan facebook sebagai media untuk berdagang, mulai dari make up, baju, celana, gelang, kacamata, softlens, jam tangan, obat peninggi badan, obat pengurus badan, dan segala hal yang berhubungan untuk menjadikan seseorang lebih cantik atau tampan. Ketergantungan mereka dapat dilihat juga dengan ponsel yang dilengkapi fitu-fitur yang member kemudahan dalam mengakses internet. Dengan begitu, setiap hati mereka sedang kesal, sedih, bahagia, murung, bĂȘte, senang, berbunga-bunga, atau ketika mereka sedang berada disuatu tempat dengan kejadian yang tidak menarik sampai yang sangat menarik, mereka tuliskan dalam status mereka di facebook. Tingkat keseringan untuk meng-upload status, memperbaharui, dan mengikuti perkembangan status mereka, apakah ada orang lain yang mengomentari atau memberi tanda jempol sebagai tanda menyukai status anda semakin terlihat sebagai cirri-ciri orang dalam komunitas virtual.

Bagian-bagian dalam komunikasi virtual
Email Pengertian Email adalah suatu bentuk komunikasi yang paling menonjol dalam internet dengan memberi ruang kepada pengguna untuk berhubungan dengan siapa saja diseluruh dunia berasaskan asas nyata.Tiga jenis layanan email, yaitu POP Mail, Email jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda. Kelebihannya adalah kemampuannya untuk dibaca secara Offline ( tidak connect ke internet ). Sedangkan kekurangannya adalah tidak bisa mengecek email anda dari sembarang tempat. Web based email, email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, Bolehmail, Lovemail, dan lain-lain, Kelebihannya adalah bisa mengecek email anda dari mana saja dan browser apa saja. Dan kekurangannya adalah untuk mengecek email, anda harus selalu terhubung ke internet. Email forwarding, email ini akan merasa manfaatnya bagi anda yang belum menemukan layanan email yang cocok. Kelebihannya adalah anda bisa menyembunyikan alamat email anda yang sesungguhnya. Sedangkan  kekurangannya adalah sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ketempat anda.
Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita. Dengan chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika dikomputer kita ada alat yang disebut webcam. Kelebiahannya, Chatting dapat membuat kita mempunyai banyak kenalan meskipun orang yang kita ajak berkomunikasi berada jauh dari kita. Kekurangan kita dapat tertipu oleh orang-orang yang kita ajak berkomunikasi karena kadang mereka bukanlah orang yang sesungguhnya.
WebWeb adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Kelebihannya adalah pertama, kita dapat memasarkan produk atau jasa melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudera dan benua. Kedua, Teknologi yang digunakan adalah fail over hosting, teknologi ini memungkinkan layanan anda tetap online 24 jam karena didukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer yang mengalami kerusakan. Kekurangannya dapat terjadi kemungkinan adanya kesalahan dalam pembuatan web yang mengakibatkan web tidak dapat dibuka atau error.

Kelebihan Komunikasi Virtual
1. Sebagai media komunikasi interaktif Feedback yang terjadi dalam komunikasi interaktif terjadi langsung dari komunikannya
2. Memecahkan persoalan materialisme, dan konsumenisme. Lewat komunikasi virtual kita bisa mengetahui semua yang ada di dunia ini dengan melalui internet, jika kita menginginkan sebuah gambar tokoh artis pujaan kita, kita tidak lagi susah-susah untuk membeli atau mencarinya karena kita bisa mendapatkan secara gratis melalui internet.
3. Mengurangi persoalan AIDS/HIV Melalui internet kita bisa memuaskan hasrat seks kita tanpa adanya ketakutan terkena virus-virus seksual.
4. Mengurangi konflik sosial, ekonorni den politik. Walaupun dalam dunia maya kita bisa berinteraksi dengan kebudayaan lain dann bisa menimbulkan suatu konflik tapi di sini kemungkinan munculnya konflik sangatlah sedikit.
 5. Terbebas dan ‘urban decay’ dan ‘social disintegration’. Persoalan kemacetan, kepadatan penduduk, sampah, merupakan persoalan kota besar yang dapat dikurangi bila sebagian kehidupan fisik dialihkan ke dalarn kehidupan virtual.
6. Memecahakan persoalan kebebasan dan demokrasi. Cyberspace menjadi sebuah ‘public sphere’ yana ideal, yang tidak dapat ditemukan di dalam kehidupan nyata.

Kekurangan Model Komunikasi Virtual
1. Pengguna internet yang terlalu berlebihan akan menjadi over dan kemungkinan menjadikan dunia maya menjadi suatu penyalur hasrat dan aka menjadi hyper.
2. cyberspace menjadi penyalur hasrat seks, kejahatan, sadisme, kedangkalan.
3. cyberporn, menjadi persoalan masa depan karena cyberspace yang tanpa identitas.
4. cybespace menajdi ajang kebrutalan semiotic. 







Sumber: 
kajian teoritis komunikasi (Internet dalam perspektif ilmu komunikasi) oleh Edwi Arief Sosiawan, SIP. M.Si
http://triutami.wordpress.com
http://pewexgombel.wordpress.com 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar